Selamat Datang Di Pictografest

LATAR BELAKANG

Suatu pilihan yang sulit saat kami memulai MULTIMEDIA setelah lulus dari dunia putih biru. Dunia Multimedia merupakan salah satu cabang dari apa yang disebut dengan DKV (Desain Komunikasi Visual) memiliki arti bahwa desain yang diciptakan haruslah mampu berkomunikasi walaupun hanya dalam berupa gambar dan diterapkan dalam media apapun. Dalam menciptakan sebuah desain haruslah memiliki konsep yang jelas sehingga komunikasi yang diciptakan mampu diterima oleh masyarakat. Kenyataannya, peran bahasa visual (gambar) lebih mudah dipahami oleh masyarakat luas dari pada pesan verbal (teks).

Hasil kerja dunia desain sangat beragam dan multimedia merupakan salah satu di dalamnya, bahkan sekarang ini merupakan suatu bagian hidup yang tidak terpisahkan dari dunia industri, terutama dalam bidang industri kreatif seperti periklanan, fotografi, musik, entertainment, film (animasi 2D dan 3D).

Percepatan dunia industri yang luar biasa membuat komunikasi visual menjadi ladang yang menjanjikan untuk berprofesi, dan hal itu dibuktikan dengan banyaknya perusahaan jasa kreatif di Banyuwangi yang membutuhkan lulusan sekolah desain. Sebagai seorang kreatif harus mulai belajar akan pengembangan kualitas sehingga kita yang mencintai dunia komunikasi visual akan sanggup bertarung di dunia profesi sesungguhnya kelak. Sehingga selain dapat diterima di dunia industri kita dan karya juga dapat di terima di masyarakat umum sebagai karya yang selain punya nilai estetis juga nilai yang fungsional dan aplikatif.




MAKSUD DAN TUJUAN

Dunia Desain Komunikasi Visual merupakan sebuah dunia yang sangat akrab dengan dunia industri saat ini oleh sebab itu masyarakat, bersimbiosis dengan keadaan ini. Adalah adanya bagaian dari dunia kreatif, masyarakat Multimedia SMK Negeri 1 Banyuwangi merupakan satu bagian dari dunia akademis Komumikasi Visual (Multimedia) di Banyuwnagi yang sedikit banyak produk hasil didikannya telah memberikan kontribusi kepada dunia industri kreatif sekarang ini. Kami sebagai insan akademis yang nantinya akan terjun ke dalam masyarakat ataupun industri, juga telah dibebani tanggung jawab untuk ikut serta membangun dunia komunikasi visual di Indonesia, disamping itu untuk membuktikan diri bahwa kami pantas untuk diperhitungkan sebagai generasi penerus yang memiliki potensi dan nilai jual tersendiri.

Karena itulah PictoGraFest hadir, selain sebagai ajang unjuk diri, juga sebagai katalisator untuk mempertemukan dunia industri, sekolah, dan masyarakat sehingga dapat menciptakan hubungan mutualistis yang kemudian akan memberikan perkembangan yang lebih baik terhadap dunia komvis. Untuk mengajak masyarakat menengok dan kemudian memahami apa sebenarnya Multimedia (DKV) mulai dari proses studi sampai bentuk aplikasi. Mengajak para orang tua untuk lebih membuka mata kepada proses kreasi dan kreatif yang positif dan dapat membangun putra putrinya, sehingga jurusan Multimedia sendiri tidak lagi dianggap sebagai jurusan yang “tidak berguna” dan “tidak menguntungkan” dan seorang lulusan sekolah multimedia lebih rendah dari jurusan lain dan bahwa sebenarnya komunikasi visual memiliki pasar tersendiri dan profesi yang menjanjikan di masa depan. Untuk memberitahukan kepada dunia industri bahwa kami siswa-siswi lulusan multimedia layak diperhitungkan dalam masyarakat. Dan satu lagi, adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa kami siswa-siswi multimedia SMK Negeri 1 Banyuwangi mampu berkarya kreatif.

KONSEP PICTOGRAFETS






PictoGraFest adalah sebuah kegiatan pameran Desain Komunikasi Visual yang diselenggarakan oleh masyarakat Multimedia SMK Negeri 1 Banyuwangi. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan sebagai bentuk publikasi bahwa kami sebagai siswa-siswi Multimedia SMK Negeri 1 Banyuwangi mampu membuat karya kreatif.

Nama PictoGraFest sendiri hadir karena sejarah dari tebentuknya sebuah gambar yang hadir pertama kali di dunia dengan nama fictografi sama dengan kegiatan pameran ini sendiri yang baru pertama kali diselenggarakan oleh kami dengan keinginan semakin lama dengan mengikuti perkembangan zaman kami semakin berkembang menuju arah dunia kreatif. Symbol ilustrasi dengan warna yang beranekaragam mengibaratkan bahwa kami sebagai masyarakat multimedia memiliki keunikan tersendiri dalam berkreatifitas, keuletan ilustrasi menggambarkan semangat kami sebagai komunitas kreatif untuk terus berkreasi dan berkarya. Pictograf yang berarti sebuah gambar, mengartikan bahwa kami memamerkan sebuah karya visual yang diolah semenarik mungkin ditujukan kepada masyarakat dengan konsep yang mampu di pertanggungjawabkan.